Gejala Penyakit Kuning


Gejala Penyakit Kuning

berikut ini beberapa gejala penyakit jaundice yang sering kali diabaikan, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (16/4/2013):

1. Urine Berwarna Kuning

Meskipun ini merupakan gejala umum penyakit kuning, namun gejala ini kerap diabaikan. Sebab urine yang berwarna kuning gelap bisa juga menjadi indikasi dehidrasi.

Penurunan asupan air akan berimbas pada konsentrasi urine. Tapi Anda bisa menduga adanya penyakit kuning jika urine berwarna kuning dengan semburat cokelat.

2. Kulit dan Mata Berwarna Kuning

Pada orang yang memiliki kulit gelap, kemungkinan sedikit warna kuning akan terlihat apabila mereka memiliki sakit kuning. Kadang-kadang pula kulit menjadi semakin pucat jika terkena anemia.

3. Nyeri Perut

Nyeri di sisi kanan perut, tepatnya di bawah tulang rusuk dan kemungkinan memanjang hingga ke punggung bagian atas, bisa menjadi indikasi penyakit kuning akibat kerusakan sel hati atau batu empedu.

4. Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat terjadi karena berbagai sebab. Jadi, nyeri sendi memang tidak bisa dikaitkan begitu saja dengan penyakit kuning. Jika Anda mengeluhkan nyeri sendi dan di saat yang sama menemukan gejala lain yang berhubungan dengan penyakit kuning, maka konsultasikan dengan dokter.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan juga dikaitkan dengan gejala sakit kuning. Namun biasanya gejala ini dibiarkan saja karena dianggap lumrah. Jika gejala ini muncul disertai dengan muntah dan urine yang berwarna kuning, patut diduga itu merupakan gejala jaundice.

6. Muntah

Muntah dapat terjadi karena berbagai alasan. Tapi mual atau muntah terjadi ketika ada epidemi hepatitis, kemungkinan bilirubin meningkat.

7. Gatal

Gatal-gatal sebagai gejala penyakit kuning muncul karena saluran empedu tersumbat. Akibatnya gagal memberikan metabolisme bilirubin. Hal ini menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh.

8.Peningkatan Suhu Tubuh

Peningkatan suhu tubuh pun dikaitkan dengan penyakit kuning, namun kerap diabaikan. Jika Anda demam disertai menggigil dan ada gejala sakit kuning lainnya, jangan tunda untuk pergi ke dokter.

9. Warna Tinja Seperti Tanah Liat

Jika warna tinja serupa tanah liat, Anda perlu waspada akan penyakit kuning. Perubahan warna tinja ini terjadi karena obstruksi bilirubin.

10. Badan Lemah

Tahap awal hepatitis A ditandai dengan badan yang terasa lemah. Jika kondisi fisik melemah hingga lebih dari dua pekan dan disertai gejala lain dari peningkatan bilirubin, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter.

sumber: detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bersinar Lipstik mewah

Misteri Tentang Danau Purba di Candi Borobudur

13 Pulau Dengan Bentuk Yang Aneh di Planet Bumi