Cara Mengatasi Bau Badan Setelah Melahirkan


Cara Mengatasi Bau Badan Setelah Melahirkan

Bau badan mungkin menjadi salah satu keluhan ibu hamil dan yang baru saja melahirkan. Sebenarnya hal ini tak perlu dikhawatirkan selama sang ibu sehat-sehat saja, namun jika dibiarkan bau badan tentu akan mengganggu.

Perubahan bau badan ini terjadi karena berbagai alasan. Hormon memainkan peran penting dalam perubahan badan selama menyusui. Akibatnya bisa jadi tercium bau tajam, terutama dari alat kelamin dan ketiak.

Selain itu, bau badan mungkin terjadi karena setelah melahirkan, banyak perempuan yang keringatnya meningkat. Selama menyusui, metabolisme seorang perempuan akan meningkat yang berimbas pada meningkatkan suhu tubuh, sehingga muncullah keringat berlebihan.

Tapi jangan khawatir, bau badan usai melahirkan bisa disingkirkan dengan cara yang mudah. Berikut ini cara-cara untuk mengatakan selamat tinggal pada bau badan usai melahirkan, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (16/4/2013):

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan badan adalah kegiatan penting untuk jauh-jauh dari bau badan. Karena itu mandilah setiap hari, meskipun disibukkan dengan aktivitas menjaga bayi. Ingat, jangan pernah melewatkan waktu mandi.

2. Jangan Pakai Baju Ketat

Baju ketat akan membuat Anda lebih mudah berkeringat. Karena itu hindari pakaian ketat, dan cucilah baju setelah Anda kenakan.

2. Tambahkan Lemon di Air Mandi

Tambahkan beberapa tetes air lemoh di air mandi Anda untuk mengatasi bau badan setelah melahirkan. Anda dapat memberikan bilasan akhir setelah mandi dengan air ini.

3. Gunakan Cuka Sari Apel

Membilas tubuh setelah mandi dengan cuka sari apel akan membantu mengurangi pH kulit. Hal ini akan mengurangi bau badan Anda.

4. Gunakan Deodoran Buatan Sendiri

Tidak perlu keluar rumah untuk membeli parfum, karena Anda dapat membuat deodoran sendiri. Caranya adalah dengan mencampur sekitar dua lusin lobak dan seperempat sendok teh gliserin. Tuangkan cairan itu ke botol semprot, dan simpanlah di lemari es saat tidak digunakan.

Anda juga dapat menggunakan minyak pohon teh sebagai deodoran alami. Minyak ini akan membantu mengurangi bau badan Anda setelah kehamilan karena merupakan ramuan antibakteri. Cara pakainya, campurkan dua tetes minyak esensial pohon teh dan air. Lalu tuangkan ke dalam botol semprot dan gunakanlah.

5. Tambahkan Air Mint ke Air Mandi

Daun mint sangat berkhasiat mengatasi bau badan. Untuk itu rebuslah beberapa daun min dan tuangkan air rebusan itu ke air mandi Anda. Lakukan secara rutin.

6. Gunakan Madu

Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air. Lalu gunakan air ini sebagai bilasan terakhir. Air madu tidak hanya akan membuat kulit halus dan lembab, tapi juga membauntu mengurangi bau badan.

7. Perhatikan Makanan Anda

Beberapa makanan bisa memberikan dampak bau badan yang tidak enak. Bawang putih, jinten, alkohol, kafein, daging dalam jumlah besar dan serat yang terlalu sedikit dapat berkontribusi terhadap bau badan. Jadi hindarilah makanan ini.

sumber: detik.com
thumbnail
Judul: Cara Mengatasi Bau Badan Setelah Melahirkan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz
Cara Terbaru.Net BudiW Blog